Gardu Pandang Cuntel Pelepas Penat

Salah satu daerah dataran tingginya Gunung Merbabu. Tingginya hampir sama dengan Gunung Andong sekitar 1700-an mdpl, hanya saja akses ke sini tidak harus tracking. 
Saya sarankan untuk pengunjung yang datang ke sini, mengenakan jaket tebal, karena menurut saya di sana cukup dingin, kebetulan kemarin kesana (Januari, 2017) suhu mencapai 90C.

Pertama kali kesana sekedar main dengan teman-teman SMA, kedua kalinya dengan saudara dari Solo. Banyak perubahan? Tentu, banyak sekali, dari alamnya, dari biaya retribusi masuk ke wisata, sampai beberapa kerusakan kecil karena ulah orang yang tidak bertanggung jawab.




Jarak dari Salatiga lumayan jauh ke objek wisata, untuk masuk ke daerah pinusan di kenai retribusi 1k/ motor, dan 2k/ mobil. Untuk masalah view di daerah pinusan, menurut saya cukup bagus, sayangnya waktu itu saya tidak mengambil gambar di sana. 

1. Gardu Pandang Cuntel

Termasuk spot baru di sini, masuk ke sini tidak dikenai biaya, hanya membayar parkir 2k/ motor. View nya cukup bagus, kalau cuaca mendukung, readers bisa melihat Gunung Andong, Gunung Telomoyo, Gunung Kembar (Sindoro-Sumbing), view Magelang, Salatiga, dan sekitarnya keliatan dari sana. Kebetulan saat itu cuaca cerah, langit juga mendukung banget buat di jadiin objek.


in frame : Mbak Desi dan Mbak Tira
Gunung Telomoyo tertutup awan



Kiri : Gunung Andong, kanan : Gunung Telomoyo
In frame : Mbak Sinta
dengan background perbukitan pinus
pinusan, membentang dari Gunung Merbabu sampai jalan masuk Cuntel

2. Bukit Harapan Cuntel

"Kenapa bisa dinamai bukit harapan?", menurut kabar warga sekitar, dulu pernah di sana dibuat shoot film tentang harapan-harapan, dari situlah pohon ini mulai hits dan dinamai pohon harapan. Pohon harapan ini berupa pohon pinus kering yang mati. Jaraknya dengan gardu pandang tidak jauh, daerahnya di dekat perkampungan warga, patokan untuk menuju ke sini adalah masjid, di sebelah masjid ada parkiran, untuk transit pengunjung. Untuk biaya retribusinya dikenai sebesar 2k/ motor. Untuk sampai ke bukit harapan pengunjung tinggal jalan sekitar 250 meter, untuk masuk ke daerah pohonnya dikenakan retribusi 2k/orang.

icon wajib yang dibuat foto kalo kesini
berasa kek di atas awan
BHC ( Bukit Harapan Cuntel)

ayunan dengan background awan dan gunung, so beautiful
Sepanjang jalan menuju BHC disuguhi pemandangan merbabu secara jelas dan dekat

Bunga - bunga liar deket BHC
Sebenarnya masih banyak ikon lainnya untuk dijadikan objek foto tergantung kitanya harus pintar-pintar memanfaatkan alam dengan mengambil angle yang pas untuk di foto.

Jangan lupa readers setiap berkunjung ke tempat wisata mana pun, khusunya wisata alam, buang sampah pada tempatnya ya, kalau tidak ada tempat sampah mending bawa pulang dan jangan rusak keindahannya dengan corat coret tembok atau sarana di sana. Intinya jangan tinggalkan apapun selain kenangan dan jejak kaki, jangan ambil apapun kecuali foto. Yuuk, Jaga bumi kita untuk masa depanku, masa depanmu, dan masa depan kita