Liburan sama keluarga besar? ga harus mahal, yang penting kebersamaanya

Liburan, siapa sih yang gak seneng denger kata ini. Liburan sama temen? seru pastinya. Liburan sama pacar? em ya kalo punya wkaka (ngaca), liburan sama keluarga? Pasti ga kalah nyenenginnya! hehe. Gaes, liburan sama keluarga lebih enak kok walaupun ujung-ujungnya jadi tukang foto ibu-ibu doang :( wkwk, banyak untungnya juga, uda beli apa-apa gratis, makan ditanggung pula, kemana-mana tinggal numpang, heuhe.
view sunset dari villa

Gimana sih piknik sama keluarga besar, terus ga pengen keluar duit banyak dan ga perlu jauh-jauh, terus kebersamaannya juga kerasa? (komplit banget pertanyaannya). Nah, kali ini aku mau sharing sama kalian, quality time ala-ala keluarga besar kami, ciyelah.

personil kurang banyak


1. Sewa Penginapan
Terserah sih, mau penginapan yang kek apa yang jelas, muat sejumlah keluarga besar kalian yang mau diajakin. Penginapannya juga yang nyaman, kalo aku sih lebih suka nuansa pedesaan, pegunungan, bukit-bukit, yang adem gitu, heuhe.
Kek kemarin, keluargaku nyewa villa di daerah Tawangmangu. Cari harga yang standar, kira-kira 700.000 - 1.000.000 an lah untuk menginap 2 hari 1 malam. Santai, harga segitu kalo kalian bawa 10 keluarga kecil udah termasuk standar, paling tambah budget 100-an lagi buat makan, bensin, sama beli oleh-oleh heuhe. Kalo diitung-itung iritkan?

Ini nih, kemarin villa tempat bersinggah kami, kalo aku sih suka sama bangunannya, ga modern banget juga ga jadul banget, apalagi daerahnya deket perkampungan warga, 100 meter dekat villa juga dekat dengan obyek wisata Grojogan Sewu, syahdu banget pokoknya, suasana pedesaannya nyenengin banget.




2. Sempatkan Makan Malam Bersama
Jarang-jarang nih makan malem sama keluarga besar, biasanya dari acara kumpul makan seperti ini, timbul guyonan-guyonan receh yang mengundang gelak tawa. Kadang juga ada yang curhat dadakan. Ada juga yang dipancing dikit langsung cerita panjang lebar. Ada juga yang diem-diem, makan ga ada suaranya eh habis 3 piring wkwk.

Rebutan makan sate kelinci wkwk


3. Buat Rundown Acara Semenarik Mungkin
Eits, kegiatannya ga cuma nginep doang lhooo, perlu juga diselipi acara anak-anak bahkan ibu-ibu bapak-bapak sekali pun, biar makin seru hihi. Jangan diibaratkan kumpul keluarga cuma buat sharing doang, justru manfaatkan dengan kegiatan -kegiatan yang jarang dilakuin bersama biar tambah akrab hihi. So, bikin acara keluargamu ga resmi-resmi amat, tapi harus ada maknanya dong, ya gak?

Kalo kemarin sih, dari bada isya', kami mulai acara dengan doa bersama dan maaf-maaf an, dilanjut dengan game anak-anak, berhubung cucu mbah banyak sekale, anak-anak jadi prioritas utama kita heuhe.

Game menggabungkan frame photo dari kardus dan mengkreasikannya dengan kertas lipat dan sedotan.

bingkai, salah satu properti game anak-anak
Setelah itu, lanjut game buat seluruh kalangan kalo ini heuhe. Alat game nya sederhana banget, sarung misalnya, tunjuk salah satu anggota keluarga untuk menyiapkan rancangan game jauh-jauh hari, jadi biar ada persiapan heuhe. Gak cuma game buat anak-anak dan semua kalangan, buat masing-masing keluarga kecil juga ada lho. Gimana buat pasangan bapak ibuk? Sante ada kok. Penasaran gamenya kayak apa? next deh, di postingan ak selanjutnya hihi. *sok bikin penasaran* wkwk

4. Bawa Bingkisan Doorprize
Tukar bingkisan? ciyelah kayak anak SD aja, kesannya emang gitu sih, tapi seru juga kok, untung-untung berhadiah, wkwk. Lucu gitu tuker-tukeran hadiah, terus di buka di tempat, ada yang dapet peralatan rumah tangga, ada yang dapet sabun mandi, deterjen, dkk.

ini sebenarnya hadiah game wkwk
5. Bagi Tugas untuk Setiap Acara
Udah kayak acara makrab ya ada sie-sie nya wkwk. Gak kok, ini tujuannya biar acaranya gak berantakan + lebih bermakna ciyelah. Dari acara makan, doa, sambutan, game anak-anak, game khusus orang tua, sampai acara nyanyi-nyanyi bareng (solo organ) harus ada yang handle, nah kalo tukang foto sama  tukang momong alias nitip anak bagianku hihi. Makan, kalo bisa buat makan malam nya bawa sendiri dari rumah, baru paginya untuk sarapan baru pesen ketringan sekitar vila, pesennya jangan lupa jauh-jauh hari, soalnya kalo weekend sering penuh ketringan sekitar villa.

Salah satu foto tukang momong dan tukang foto wkwk
Next lah, dari acara game anak-anak tadi, acara lanjut solo organ , sebenarnya sih ga harus ada acara beginian gakpapa, tapi kalo kebetulan ada anggota keluarga yg bisa main musik, why not? hihi. Dilanjut deh acara nyanyi-nyanyi dari tembang kenangan sampai lagu anak-anak. Sampai ga kerasa waktu udah pukul 23.00 lebih waktu itu.

6. Jalan-jalan Pagi di Sekitar Villa
Pagi-pagi mah enaknya lanjut tidur, eits jangan sia-siakan kesempatan ini ya, apalagi lagi kumpul-kumpul bareng keluarga gini. Keluarlah, cari udara pagi nan menyejukkan, tsah. Kebetulan kemarin personil balita lebih banyak, mereka yang selalu ga bisa berhenti ngajakin jalan-jalan sekitar Villa. Kebetulan juga villa yang kami tempati jaraknya deket banget sama Wisata Alam Air Terjun Grojogan Sewu, karena masih pagi dan pintu objek wisata belum di buka kami hanya lewat, lewat pun kami disuguhi pemandangan pohon-pohon yang rimbun, yang dihuni ribuan monyet liar, tapi sante aja monyetnya gak ganas kok selama kalian gak ganggu. Oh ya, resiko juga yang bawa balita kesini kalo si dedek takut ama monyet mau ga mau gendong buk :( (korban gendong bersuara) wkwk. Kental banget suasana pedesaannya, jadi betah banget, gak pengen pulang heuhe.

"Za, kui kembang opo?"- Safa

Setelah ngelewatin rimbunnya pepohonan Grojogan Sewu, eh lewat juga dengan Taman Wisata Balekambang. Sedikit info tentang taman ini, karena kebetulan waktu tahun baru 2016 ke sini sama mbak dan temen-temennya, masuk ke sini waktu itu 10k, isinya wahana permainan, kayak flying fox, kolam renang, buat muda mudi yang mau foto-foto juga ada icon-icon patung singa Singapura, menara eifel Paris, dan lain-lain, biar berasa di luar negri wkwk.

Wisata Grojogan Sewu tapi di depannya doang wkwk

7. Bawalah Buah Tangan untuk Keluarga Lainnya
Jangan sampai lupa keluarga lainnya lho mentang-mentang udah seneng-seneng. Kebetulan di Tawangmangu kemaren ada makanan khasny Gethuk Semar, mantap tuh, coba aja kesana kalo penasaran rasanya kayak apa heuhe. 

Bonus foto personil dedek gemes walaupun gak lengkap

dari kiri ke kanan : Faza, Rafif, Afan, Zaidan, Safa, Farah, Nisa, Andru

Oke, ini tips quality time dari keluarga kami, gimana dengan keluargamu? Tertarik sama keluarga kami? daftar jadi keluargaku sini wkakak (gojek). Mungkin itu saja yang bisa aku sharing ke temen-temen. Semoga bermanfaat ya. Reminder aja, sahabat, temen, pacar, bahkan pekerjaan bisa hilang kapan saja dan bisa dicari, tapi keluarga? Hanya satu dan tidak bisa dicari, mereka adalah salah satu anugrah dari Allah, tempat ternyaman untuk kita pulang dan lebih nyaman dari apapun. Mereka yang akan selalu menerima kekurangan kita, namun tidak akan pernah meninggalkan :)

See you, di postingan selanjutnya readers :D