Desa Wisata Kesongo Surganya Pecinta Human Interest & Alam

Desa Kesongo, Kecamatan Tuntang, Jawa Tengah salah satu desa yang cukup terkenal di kalangan fotografer. Apalagi untuk kalangan pecinta human interest dan nature di sini lah salah satu surganya. Aroma pedesaan yang kental banget, pemandangan sawah, gunung, rawa pening, dan aktivitas petani.


Setiap pagi, khususnya weekend sering saya menjumpai club club sepeda santai dan beberapa orang jogging di sana, ada juga yang hanya jalan-jalan memanjakan mata.

Gunung Ungaran tampak terlihat anggun dengan gulungan awan di sekelilingnya
Untuk mencapai ke spot-spot pemandangan ini, kalian bisa lewat Pasar Candi, Tuntang. Tepatnya pertigaan di pasar candi, jika dari arah Sraten dan Canden, kiri jalan letak pertigaannya, tinggal mengikuti jalan, sampailah pada keindahan alam ini.

Bunga di tepian sawah

Aktivitas pagi petani
Desa Kesongo indah dinikmati saat pagi juga saat sore hari.
Jadi, tidak jarang kalau desa ini, sering di jamah mereka para penikmat alam dan pecinta fotografi.

Ada "warung sawah" alternatif tempat untuk bersantai sambil ngopi atau ngeteh

Nelayan siap bergegas menuju Rawa Pening

Gunung Ungaran dari kejauhan
Gunung Merbabu - Gunung Gajah dari kejauhan

Petani dengan Kerbaunya, pemandangan seperti ini yang saat ini jarang sekali kita temui di pedesaan
Bermain dengan langit senja
 Terbukti bahwa tidak hanya di nikmati saat pagi saja, ketika senja pun juga bisa dijadikan alternatif untuk berfoto-foto atau sekedar nyore.

Gunung Merbabu x Gunung Gajah

Langit biru, salah satu peran pendukung ketika memotret alam

Warga sekitar mayoritas bermata pencaharian sebagai petani dan nelayan 
Tidak hanya alamnya saja, aktivitas warganya yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai seorang petani dan nelayan, membuat desa ini semakin asri dan ramah untuk dijamah. Ditambah lagi warga sini ramah-ramah.

Jogging di pagi hari, ditemani suasana pedesaan yang indah

Sepeda santai di pagi hari, menyusuri sawah
Sedikit sharing juga untuk teman-teman, ketika kita sedang berkunjung, liburan atau sekedar jalan-jalan, tetap harus ramah ya dengan warga sekitar, apalagi di daerah pedesaan. Sempatkan ngobrol atau sekedar bosa basi dengan warga sekitar. Agar pulang tidak hanya membawa foto saja, tapi juga pengetahuan dan informasi tentang tempat yang dikunjungi, juga agar lebih akrab dengan warga sekitar.