Cantiknya Plaosan dari Sisi Manapun

Candi yang berada tidak jauh dari Prambanan ini, menyajikan keindhan tersembunyi. Khususnya di kalangan pecinta fotografi. Kalau katanya sih candi satu ini, merupakan candi yang lengkap untuk fotografi. Walaupun keberadaan candi ini tidak sepopuler Candi Borobudur, Candi Ratuboko, dan kawan kawan. Candi ini memiliki dua wilayah, yaitu Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Candi Plaosan Lor, lebih banyak di kunjungi pengunjung.

Masuk ke candi ini murah banget 3k per orang plus biaya parkir mobil 5k, harga yang sangat murah dibanding masuk ke objek candi lainnya. Jalan menuju ke kawasan candi pun disuguhi pemandangan sawah di kanan kirinya, berasa di pedesaan. Ditambah lagi warga di daerah sana ramah-ramah, masih banyak juga aktivitas warga pedesaan yang ke sawah bersepeda, pemandangan semacam ini yang selalu ku tunggu tunggu huehe. Kuy, bahas satu persatu sisi-sisi cantik Plaosan.

1. Pemandangan awal dari parkiran
Foto ini diambil dari parkiran mobil candi.
Perpaduan Langit Biru dan Eksotisnya Bangunan Candi
2. Bangunan candi yang menarik nan unik
Keunikan lainnya, candi ini merupakan perpaduan bangunan candi Budha dan candi Hindu. Terlihat dari bangunannya, ada ikon candi bentuknya seperti di Candi Borobudur.


sisi lain Plaosan

Salah satu candi yang berbentuk seperti Borobudur

3. Masuk candi disuguhi pintu masuk yang tersusun rapi dan apik


Bangunan candi yang rapi, menurutku selama berkunjung ke candi-candi lainnya.

tampak gunung merapi yang tertutup awan dari kejauhan 
pintu masuk candi


4. Banyak spot instagram-able buat yang suka foto ala-ala

 




5. Beberapa anakan candi, membuat candi terlihat megah




6. Relief yang unik, menyimpan sejuta cerita dan makna




8. Sisi-sisi lain Candi yang tak kalah indahnya







Sebenarnya masih banyak foto lainnya, maaf kalau fotonya biasa dan masih banyak kekurangan, soalnya ngambil pakai kamera hp ditambah sentuhan efek dari vsco ataupun hdr. Kuy main ke Plaosan. Jangan lupa mampir ke ig ya @erlinard, heuhe