Pesona Kabupaten Semarang dan Sekitarnya

Halo, bloggers.
Setelah sekian lama gak nge blog, kali ini postingan aku berbeda dari postingan sebelum-sebelumnya hihi, aku mau berbagi info sama kalian seputar tempat wisata di daearah Kabupaten Semarang, Salatiga, dan sekitarnya :D oh ya, maaf ya kalo hasil fotonya jelek, maklum masih amatiran plus pake kamera hp hihi, tapi yakinlah aslinya lebih bagus daripada foto-foto ane. Oke langsung aja.

1. Rawa Pening
Siapa yang gak tahu icon Kabupaten Semarang satu ini, danau alami yang merupakan salah satu legenda Baru klinting ini, memiliki luas kurang lebih 2600-an hektar wilayahnya menempati tiga kecamatan di daerah Kabupaten Semarang, yaitu Banyubiru, Tuntang, dan Ambarawa. Jadi tempat wisata satu ini memiliki beberapa tempat rekreasi, yaitu Rawa Permai daerah Tuntang, Bukit Cinta daerah Banyubiru, Kampung Rawa daerah Ambarawa, Desa Wisata Jalen daerah Ambarawa, serta Jembatan Biru daerah Tuntang.
Beberapa foto Pesona Rawa Pening yang beberapa bulan lalu saya ambil di Jembatan Biru hihi.
Oh ya, masuk ke sini cuman bayar parkir 2k.



2. Desa Kayon, Kopeng
Walaupun, lokasinya cukup jauh dari jalan raya Kopeng-Magelang tapi ikon satu ini cukup terkenal di kalangan temen-temen travellers. Masuk ke tempat wisata ini hanya bayar 5k/kendaraan.


Foto diambil tahun 2014 waktu lagi acara Pramuka SMA, tempatnya sejuk enak, deket lapangan jadi kalau buat outbond, atau pun berkemah recommended lah hihi. Kalo kita ke lapangannya background merbabu akan keliatan jelas dari situ, kebayangkan kalo pagi indahnya kek apa lihat sunrise dari situ. Desa ini juga merupakan salah satu desa yang terletak di kaki Gunung Merbabu persis.


3. Gunung Ungaran
Pengalaman hiking pertama kesini, sama temen-temen SMA, maaf ya fotonya isinya foggy. karena waktu itu cuaca lagi ga bersahabat, alias lagi musim hujan jadi isinya foggy.


Pemandangan yang didapat kalo kita duduk di batu itu dan gak kabuttt wkwk, kita bakal liat hamparan luas Kebun Teh Promasan, apalagi suasana malam dari atas sini kalo cuaca lagi mendukung bakal liat syahdunya malam Kota Semarang dan sekitarnya, tsahh wkwk.


4. Gunung Telomoyo
Gunung yang memiliki ketinggian 1894 mdpl ini bisa diakses menggunakan motor, tapi buat kalian yang masih sayang sama motor kalian mending jalan kaki aja deh kalo kesini wkwk. Jalannya nanjak, dan lumayan parah banyak lubang, dan kanan kirinya jurang dan tebing, rawan juga longsoran tanah nutupin jalan, jadi kalo pake motor kesini hati-hati deh heuhe.
Oh ya tarif masuk wisata ini 5k/motor.


View dari telomoyo, bisa liat gumpalan awan. Dari sini juga bisa liat Gunung Merbabu, Gunung Kembar (Sindoro-Sumbing), Gunung Andong. Yang jomblo (termasuk yang ngomong) kalo kesini jangan baper ya, soalnya banyak banget orang pacaran disini. wkwk


5. Kampung Rawa, Ambarawa

Nih yang ak omongin di awal tadi salah satu ikon dari Rawa Pening, Kampung Rawa. Kampung Rawa ini restoran yang didesain seakan-akan kita di atas rawa wkwk. Selain tempatnya yang cozy buat liburan sama family, disini juga banyak wahana bermain buat anak-anak. Santai, buat yang berkeluarga kalian juga bisa foto ala-ala, makan bareng temen di gazebo. Sekitar tempat ini, terdapat hamparan luas sawah, rawa, berbackground gunung-gunung. Suasana pedesaan banget kan, kebayang damainya kek apa.

Foto di atas di ambil beberapa pekan lalu, waktu aku nganter temen dari Semarang jalan-jalan. biaya masuk ke sini 2k/ motor untuk parirnya. Selain itu, makanan dan wahana bayar sendiri-sendiri yaps wehehe. Kalo foto di bawah, diambil beberapa tahun yang lalu, kalo gak salah 2014 waktu nganterin mbak dari Solo jalan-jalan hihi.

6. Stasiun Lama Bringin
Kalo satu ini gak banyak sih yang tau, disini ada beberapa bangunan tua yang hampir dirobohkan. Ini nih salah satu bangunan yang jadi ikon dari wisata ini. Bangunan lama biasanya diincar mereka yang hobi fotografi.

Biaya masuk ke sini gratis. akses kesini juga mudah karena letaknya pinggir jalan raya Bringin. Bagi kalian yang penasaran kayak apa bangunannya kalo diliat secra langsung, langsung aja kesini sebelum dirobohin lho.

7. Susan Spa, Bandungan
Salah satu ikon Kabupaten Semarang yang nge hits banget nih hehe. Ikon dari lokasi ini adalah bangunan lakana yang biasanya buat tempat nikah. View dari sini juga keren banget. Bisa liat rawa pening, Ambarawa dan sekitarnya. Biaya masuk kesini 25k/ orang. 25k, bisa muter-muter tempat ini sampe puas + dapet voucer makan gratis di restonya.

Buat kalian yang lagi rencanain weeding plus bingung milih gedung, tempat ini aku recommended heuhe.


8. Pondok Kopi Umbul Sidomukti, Bandungan
Pondok Kopi Umbul Sidomukti beda lho ya dengan Umbul Sidomukti, banyak orang ketipu ketika masuk sini dikira Umbul Sidomukti itu Pondok Kopinya padahal beda. heuhe. Apa bedanya? Kalo Umbul Sidomukti ada banyak wahana bermainnya, cocok banget kalo ngajak anak-anak kesini, ada flying fox, marine bridge, dll. Disini juga ada kolam, kolam dari mata air alami makanya disebut umbul heuhe. Nah, kalo Pondok kopi, isinya orang pacaran T.T , tapi santai aja yang kesini bareng family dan temen-temen juga banyak kok. Misalnya aku nih kesini ngajak temen wkwk. Oh ya biaya buat masuk sini, loket pertama 2k. terus loket ke dua kalian tinggal pilih nih mau ke umbul apa mau ke pondok kopi, kalo ke umbul masuk wahana bermainnya bayar 10k (belum sama wahana bermainnya), trs kalo ke pondok kopi kalo ga salah loketnya bayar 8k/orang. Di pondok kopi juga ada restaurant yang menyediakan kopi, yaeyalah wkwk. Kalo ga salah juga ada vilanya, cocok nih buat yang berkeluarga, yang belum berkeluarga tenang bisa ngajak temen-temen :D


Disini juga ada gua buatan, namanya Gua Tirta, panjangnya gua sih gatau berapa api kalo menurutku kurang lebih 500 meter. masuk ke gua dikenai biaya 5k/ orang.


View di penghujung goa tsahh wkwk, dari sini kita bisa liat pemandangan Gunung Ungaran. Foto dibawah bukan foto percobaan bunuh diri lho ya heuhe, foto ini foto lama banget waktu gua ini belum seramai sekarang, sedang foto di atas baru aja tahun kemaren 2015, mau ambil foto aja susah saking banyaknya manusia yang lewat wkwk.


9. Pondok Kopi Banaran Tuntang
Sebenarnya disini lebih terkenal restorannya sih, tapi banyak juga kok yang kesini bawa keluarga, maaf ya yang jomblo dari tadi bahas keluarga mulu, ane juga jomblo kok (:, disini bisa keliling-keliling perkebunan kopi pake mobil apa tuh namanya aku lupa wkwk.
Masuknya ke sini gratis kok, tapi kalo ke wahananya bayar yaa :p




10. Bukit Harapan, Cuntel, Kopeng
Ini nih, kalo kalian mau foto ala-ala wkwk. Ikon dari lokasi ini pohon yang ada papannya, ya sebelas dua belas lah sama wisata Kalibiru Jogja wkwk.


Ya gambarannya sih kek gini lah, maaf ya fotonya cuman gini-gini doang huhu.  Biaya masuk ke sini berapa ya? lupa deh aku, pokoknya terjangkau buat kantong mahasiswa gak sampe 10k. Oh ya, dari jalan raya Kopeng-Magelang masuk ke sini di suguhi pemandangan hutan pinus bagus banget pokoknya, tapi sayang waktu itu gak foto disitu. Kalian deh, coba ke sana kalo mau buktiin hihi.



11. Stasiun Ambarawa
Siapa yang ga tau tempat ini? Ikon nya Kabupaten Semarang yang paling terkenal nih, biaya masuk ke sini 10k/orang. Kalian juga bisa ngrasain naik kereta jadul, kereta pake bahan bakar kayu. Seru kan pasti? sayang ane ga ada yang ngajakin, jadi cuma jalan-jalan sekitar sini aja wkwk.



 Ini nih, waktu itu ga sengaja pas jalan-jalan ke Ambarawa ada kereta bahan bakar kayu lewat. 



12. Elben (Eling Bening)
Ngetrend banget nih dikalangan muda mudi. Wisata yang baru buka tahun 2015 ini lagi berapa hari bukak langsung rame banget. Disini ada restoran, tempatnya cozy banget. Ini foto-foto di ambil, waktu elben buka baru-barunya. Jadi belum sebagus sekarang. Waktu itu pun masuk kesini masih gratis. Kalau sekarang bayar 15k per orang.




Segitu dulu sih, aslinya masih banyak lagi tempat-tempat wisata di Kabupaten Semarang yang belum aku sebutin, salah satunya Gua Rong, Tuntang, Benteng Pendem Ambarawa, Candi Gedung Songo, Pemandian Alam Muncul, Desa Wisata Jalen Ambarawa, dan masih banyak lagi ^^