Indahnya Laut Indrayanti, Jogja Rasa Bali

Pantai Indrayanti atau dikenal Pantai Pulang Syawal, salah satu pantai yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Banyak yang bilang jika di sini lah "Jogja rasa Bali", artinya pantai di Jogja rasa pantai di Bali. Nama Indrayanti ini konon diambil dari nama restaurant daerah Indrayanti yang ramai dan jaraknya cukup dekat dengan pantai. Sedang nama Pulang Syawal diambil dari nama desa di daerah sana, sayangnya nama ini kurang familiar di telinga khalayak.


Biaya retribusi untuk masuk ke pantai ini 10k/ orang, sedangkan untuk biaya parkir mobil 5k/ mobil. Banyak yang bilang jika di sini "Jogja rasa Bali", yaps karena memang khasnya pantai di Bali pasir putih sangat melekat pada pantai ini, serta settingan dari Yang Maha Kuasa berupa pesisir pantai bernuansa Bali, membuat pantai ini dijuluki "Jogja rasa Bali". 


Akses menuju Pantai Indrayanti sudah lumayan bagus, di pantai ini juga sudah mulai ramai pengunjung (Juli, 2017). Lokasi Pantai Indrayanti yaitu di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Tepatnya di sebelah timur Pantai Sundak.

Canda Tawa Pengunjung Pantai

Riuh suasana pantai
Menurut saya, di sinilah salah satu pantai terbaik untuk urusan pasir dan birunya laut, selama saya berkunjung ke beberapa pantai Jogja. Suasana birunya laut dan putihnya pasir yang belum pernah saya dapatkan di pantai-pantai lainnya di Jogja.


Suasana pantai yang selalu bersahabat, dijamah segala usia, tua muda anak-anak.


Bagi anak-anak yang mau mainan air, disewakan ember dan seser ikan 5k/ paket.



Bermain Ombak di Laut Lepas
Bersantai di pinggir pantai
Ibu-ibu biasanya yang takut panas (re : me) bisa bersantai di pinggir pantai sambil memantau anak-anaknya sambil pesan es kelapa muda.

clear sky

Gubug-gubug pinggir pantai
 Suasana Pantai dari tebing, untuk menuju ke lokasi ini dikenakan retribusi seikhlasnya.



Sisi lain cantiknya Indrayanti, 











Oh iya, yang perlu diperhatikan dan diwaspadai untuk ibu-ibu yang membawa anak kecil adalah ombaknya, khususnya jika cuaca kurang bersahabat disarankan untuk tidak berenang di pantai atau mainan ombak. Readers juga tahu sendiri pastinya, jika memang pantai di daerah Gunung Kidul khasnya berombak besar. So, bermain dan bercanda di pantai boleh tapi tetap ya safety first!